jump to navigation

Pelayanan yang diberikan oleh bandara

tahukah kamu, pelayanan utama apa saja yang diberikan oleh bandara kepada penggunanya?. nah kalau belum tahu, makanya kita mualai coba cari tahu biar mengerti apa sih peran bandara untuk lingkungan kita. Bandara sendiri merupakan salah satu tempat persinggahan/pemberhentian atau juga tempat untuk memperoleh layanan aeronautika.

apa itu layanan aeronautik?, layanan aeronautika yaitu penyediaan jasa yang bertujuan agar pelaksanaan penerbangan berjalan dengan lancar terutama pada saat  di udara. Dan kita kenal dengan pelayanan lalu lintas udara. pengguna layanan ini tentunya adalah pesawat udara, baik terjadwal maupun tidak terjadwal, baik luar negeri atau dalam negeri, karena sejatinya pesawat udara tanpa bimbingan personil pemandu lalu lintas udara (ATC) akan mengalami kesusahan untuk terbang dan menentukan tujuannya. sehingga setiap pesawat yang masuk di wilayah Indonesia akan mendapatkan layanan pemanduan lalu lintas udara yang bisa diberikan oleh BUMN PT AP I atau PT AP II.

PT AP I sendiri mengelola Makasar FIR (Flight Information Region) yaitu wilayah Indonesia bagian timur. sedangkan PT AP II mengelola Jakarta FIR yaitu wilayah Indonesia bagian barat. dalam kenyataanya, pengelolaan lalu lintas udara masih banyak lagi, namun secara garis besar telah disebutkan di atas.

untuk pelayanan jasa non aeronautika, lebih banyak berhubungan dengan kepuasan pengguna jasa bandara.  jadi untuk pelayanan ini, lebih ditekankan kepada pelayanan di bandara. seperti pemenuhan kebutuhan kemanan bandara, penanganan kecelakaan pesawat udara di bandara, pelayanan kargo, dan pemenuhan kebutuhan pengguna bandara lainya. pemakai langsung dari pelayanan ini yaitu pengguna bandara itu sendiri, seperti penumpang, pengantar, perusahaan rekanan bandara dan pegawai bandara itu sendiri.

untuk pelayanan pengamanan bandara sendiri pengelola bandara biasanya akan sangat memperhatikan hal ini. karena bandara merupakan salah satu tempat pelayanan publik yang penting dan mempunyai aturan tersendiri, dalam hal ini pada umunya aturan yang dipakai adalah anex yang merupakan aturan yang diterbitkan oleh ICAO sebagai lembaga internasional penerbangan sipil dan tentunya juga didukung dengan UU lokal yaitu UU no 1 tahun 2009 tentang angkutan udara. untuk memenuhi aturan tersebut bandara sekelas Bandara Soekarno-Hatta akan melengkapi fasilitas bandaranya dengan berbagai peralatan dan personil baik dari bandara itu sendiri maupun bantuan dari lembaga pemerintah, seperti poli dan TNI.

jadi jangan aneh kalau di bandara akan melalui berbagai pemeriksaan, karena itu merupakan prosedur internasional untuk mencegah hal-hal yang tentunya kita juga tidak menginginkan seperti kejadian 11 september 2001 yang berawal dari pembajakan pesawat.

salah satu yang penting juga adalah pelayanan pertolongan kecelakaan penerbangan pemadam kebakaran (PKP-PK). meski tidak setiap saat dibutuhkan namun, kehadiran personil PKP-PK juga sangat penting jika ada kecelakaan pesawat. sehingga korban yang ada juga bisa diminimalisir atau bahkan ditiadakan. mengingat pesawat udara juga rentan terhadap kecelakaan.

nah hal di atas merupakan pelayanan secara umum yang diberikan oleh Bandara kepada penggunanya. tentunya masih banyak lagi dan kalau di bahas juga akan membutuhkan banyak tulisan. untuk itu akan kita bahas di lain waktu.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: