jump to navigation

Contoh Proposal Judul TA

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar belakang

Perpustakaan merupakan salah satu kebutuhan yang penting dalam dunia pendidikan, baik bagi taruna atau mahasiswa itu sendiri maupun bagi pendidik. Perpustakaan mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan pustaka informasi di lingkungannya dalam rangka mendukung pengembangan dan peningkatan lembaga maupun kemampuan sumber daya manusia.

Dalam rangka pemenuhan hal tersebut maka harus memenuhi ketentuan pelayanan dengan bentuk People Based Service dan Service Excellence mengandung lima unsur pokok yaitu: 1) kecepatan, 2) ketepatan, 3) kebenaran, 4) keramahan dan 5) kenyamanan. Kelima ciri itu merupakan satu kesatuan pelayanan yang terintegrasi dalam arti pelayanan menjadi tidak excellent kalau ada komponen yang kurang. Service excellence tidak muncul begitu saja dan harus merupakan bagian dari program pemasaran jasa perpustakaan, berarti harus terencana dan mendapat dukungan dari manajemen puncak.

Saat ini perpustakaan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia yang selanjutnya disebut dengan STPI masih menggunakan metode tradisional dengan kompetensi pegawai yang kurang memenuhi persyaratan. Sebagai perpustakaan utama sebuah sekolah tinggi, perpustakaan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia dapat dikatakan masih jauh dari memenuhi kualifikasi sebuah perpustakaan dengan pengguna yang mencapi kurang lebih seribu orang taruna. Di dalam perpustakaan STPI tersebut bahkan banyak beberapa persyaratan sebuah perpustakaan yang memenuhi kualifikasi belum terpenuhi, misal denah perpustakaan, ruang khusus yang menunjang operasional teknologi, serta beberapa kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan.

Buku-buku yang terdapat di perpustakaan itu pun kurang disesuaikan dengan kebutuhan taruna dari tahun ke tahun, sehingga fungsi utama perpustakaan belum terpenuhi. Demikian pula dengan pencapaian tujuan manajemen dalam perpustakaan yang mengedepankan sikap profesional dan berorientasi pada efisiensi dan integritas seluruh aspek perpustakaan. Dilihat dari penggunaan sistem pelayanan perpustakaan tradisional yang terlihat kurang efisien dan efektif dalam penggunaan peralatan maupun perlengkapan perpustakaan.

Di dalam standar perpustakaan khusus disebutkan bahwa Perpustakaan harus menetapkan kebijakan dan rencana strategis yang berorientasi kepada pengguna untuk menghasilkan jasa prima. Dalam rangka mewujudakan jasa prima sendiri sebuah perpustakaan harus bisa memberikan Pelayanan prima dengan orientasi pelayanan mengutamakan kepuasan pemakainya serta bersifat proaktif untuk memperoleh nilai tambah (added value services) melalui pemanfaatan teknologi informasi. Di STPI sendiri penggunaan teknologi informasi masih sangat terbatas, bahkan tidak ada. Hal ini dibuktikan dengan masih dipakainya metode tradisional dalam kegiatan perpustakaan sehari-hari. Contohnya adalah pelayanan pemesanan buku yang masih harus menggunakan metode mencatat menggunakan tangan, atau pada saat mencari buku yang masih harus bertanya langsung dengan pegawai perpustakaan. Yang terkadang buku yang dicari tidak diketemukan karena adanya perbedaan data manual dengan fakta yang ada di lapangan.

. Apabila pustakawan bersikeras memakai bentuk layanan perpustakaan secara tradisional untuk kebutuhan masa kini, maka akan terjadi kesenjangan. Bertolak dari pendapat para ahli tersebut, maka saat ini pustakawan harus dapat memberikan pelayanan prima, yaitu suatu sikap atau cara pustakawan dalam melayani penggunanya dengan prinsip people based service (layanan berbasis pengguna) dan service excellence (layanan unggul). Tujuan dari service excellence adalah : 1) memuaskan pengguna; 2) meningkatkan loyalitas pengguna; 3) meningkatkan penjualan produk dan jasa;  yang terakhir adalah  4) meningkatkan jumlah pengguna.

Melihat latar belakang di atas maka penulis mengangkat masalah dalam tugas akhir yang berjudul: “PENGGUNAAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN STPI UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA”.

2. Identifikasi Masalah

    Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka penulis dapat mengidentifikasi masalah yang ada sebagai berikut:

    1. Apakah standar kompetensi pegawai STPI sudah memenuhi persyaratan?
    2. Apakah Perpustakaan STPI sudah menggunakan teknologi informasi dalam pengelolaanya?
    3. Apakah Perpustakaan sudah melaksanakan fungsinya sebagai perpustakaan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia?
    4. Apakah pelayanan STPI sudah termasuk pelayanan jasa prima?

     

    3. Pembatasan Masalah

      Untuk membatasi masalah yang akan dibahas, maka penulis membatasi penelitian pada: Penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan STPI

       

      4. Perumusan Masalah

        Dengan maksud agar penulisan tugas akhir ini lebih spesifik maka penulis menentukan rumusan masalah pada tugas akhir ini yaitu:

        1. Bagaimana penggunaan teknologi informasi di perpustakaan STPI?
        2. Bagaimana teknologi informasi dapat diterapkan di perpustakaan STPI?

        5. Maksud Dan Tujuan

          1. Maksud penulis melakukan penelitian ini antara lain adalah:
            1. Mengetahui pelayanan perpustakaan STPI pada saat ini.
            2. Meneliti penggunaan teknologi informasi dalam pelayan di perpustakaan STPI.
          2. Tujuan Penulisan:
            1. Memberikan masukan kepada STPI dengan tujuan agar pelayanan perpustakaan di STPI memenuhi standar pelayanan perpustakaan.

          6. Metodologi Penelitian

            Metodologi penelitian yang akan sigunakan oleh penulis dalam memperoleh data adalah sebagai berikut:

            1. Observasi : peneliti melakukan observasi di perpustakaan STPI untuk mengetahui keadaan pelayanan pada saat ini.
            2. Wawancara: Peneliti akan mewawancarai petugas di perpustakaan STPI seputar pelayanan di perpustakaan STPI.
            3. Eksperimen: Peneliti akan mencoba menggunakan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan di perpustakaan.
            4. Tinjauan Pustaka: Peneliti akan mecari informasi mengenai pelayanan perpustakaan dan hal-hal yang akan terkait dengan penelitian ini.

            Komentar»

            No comments yet — be the first.

            Tinggalkan Balasan

            Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

            Logo WordPress.com

            You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

            Gambar Twitter

            You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

            Foto Facebook

            You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

            Foto Google+

            You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

            Connecting to %s

            %d blogger menyukai ini: