jump to navigation

AKUNTANSI MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK

Akuntansi Manajemen Sektor Publik menghasilkan informasi yang berguna untuk merencanakan dan pengendalian organisasi.

08110708225400

Definisi akuntansi manajemen menurut Institute of Management Accountants yaitu akuntansi manajemen sebagai proses pengidentifikasian, pengukuran, pengakumulasian, penganalisaan, penyiapan, penginterprestasian dan pengkomunikasian informasi finansial yang digunakan oleh manajemen untuk perencanaan, evaluasi dan pengendalian organisasi serta untuk menjamin bahwa sumber daya digunakan secara tepat dan akuntabel.

Menurut Chartered Institute of Management mendefinisikan akuntansi manajemen sebagai suatu bagian integral dari manajemen yang terkait dengan pengindentifikasian, penyajian dan penginteprestasian informasi yang digunakan untuk :

  1. Perumusan strategi
  2. Perencanaan dan pengendalian aktivitas
  3. Pengambilan keputusan
  4. Pengoptimalan penggunaan sumber daya
  5. Pengungkapan ( disclosure ) kepada Shareholder dan pihak luar organisasi
  6. Pengungkapan kepada karyawan
  7. Perlindungan riset.
  8. Akuntansi sebagai alat Perencanaan Organisasi dan Pengendalian Organisasi.
    1. Akuntansi sebagai Alat Perencanaan Organisasi.

Perencanaan merupakan cara organisasi menetapkan tujuan dan sasaran organisasi. Perencanaan meliputi aktivitas yang sifatnya strategic, taktis dan melibatkan aspek operasional. Dalam hal perencanaan organisasi akuntansi manajemen berperan dalam pemberian informasi histories dan prospektif untuk memfasilitasi perencanaan. Proses perencanaan juga melibatkan aspek perilaku yaitu partisipasi dalam pengembangan system perencanaan, penetapan tujuan dan pemilihan alat yang paling tepat untuk memonitor perkembangan pencapaian tujuan.

Perencanaan organisasi sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi keadaan di masa yang akan datang. Bagi setiap jenis organisasi, system perencanaan berbeda-beda tergantung pada tingkat ketidakpastian dan kestabilan lingkungan yang mempengaruhi. Semakin tinggi tingkat ketidakpastian dan ketidakstabilan lingkungan yang dihadapi organisasi maka diperlukan system perencanaan yang semakin kompleks dan canggih.

Sehingga informasi akuntansi sebagai alat perencanaan pada dasarnya dapat dibedakan tiga kelompok informasi akuntansi sbb :

  1. informasi sifatnya rutin
  2. informasi kuantitatif atau kualitatif
  3. informasi formal atau informal.
  4. Akuntansi sebagai Pengendalian Organisasi.
  1. Proses Perencanaan dan Pengendalian Manajerial Organisasi Sektor Publik.

Perencanaan dan Pengendalian merupakan dua sisi dari mata uang yang sama, sehingga keduanya harus dipertimbangkan secara bersama-sama. Tanpa pengendalian, perencanaan tidak akan berarti karena tidak ada tindak lanjut untuk mengidentifikasi apakah rencana organisasi telah tercapai. Sebaliknya tanpa ada perencanaan maka pengendalian tidak akan berarti karena tidak ada target atau rencana yang digunakan sebagai pembanding.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: